SILABUS
Nama Sekolah : SMK NEGERI 1 PALEMBANG
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas : XI
Standar Kompetensi :
Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Madia
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.1 Menyimak untuk
menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah dalam konteks bekerja
|
· Menyimpulkan informasi lisan yang tidak bersifat perintah
· Identifikasi
isi-isi informasi
· Menyimpulkan informasi lisan dan tulis secara deduktif dan induktif
· Mengetahui kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia
· Mengungkapkan Informasi verbal dan nonverbal
|
Siswa diajak
mencermati isi-isi informasi dimulai lingkungan kerja sekitar siswa
Siswa diajak
mengidentifikasi isi-isi informasi berdasarkan ciri bentuk dan ciri
makna (puisi, wawancara, dan pidato)
Siswa mengenal
teknik menyimpulkan wacana secara deduktif dan induktif
Siswa berlatih
menyimpulkan informasi secara deduktif dan induktif
Siswa berlatih
mencatat simpulan informasi lisan dan tulis sesuai kedudukan dan fungsi
bahasa Indonesia
Siswa memahami
ciri-ciri informasi verbal dan nonverbal
Siswa berlatih
membuat simpulan informasi lisan dan tulis yang ditemuinya
|
·
Mampu mengidentifikasi
isi-isi informasi
·
Mampu menuliskan kembali fungsi bahasa Indonesia
·
Mampu menuliskan
kembali kedudukan bahasa Indonesia
·
Mampu menuliskan
kembali simpulan lisan secara deduktif
·
Mampu menuliskan
kembali simpulan tulis secara deduktif
|
Tes Lisan
Tes
Tertulis
Uji Mandiri
dan Uji Kelompok
Uji
Media
Uji Keterampilan
Berbahasa sebagai pengayaan
|
4 x 45 menit
(2 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK
dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008
halaman 1—16
∙ Kamus Besar Bahasa Indonesia
terbitan Balai Pustaka 2003
∙ Pedoman Umum Ejaan yang
Disempurnakan dan Pedoman Umum
Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
- Material (CD)
- Media cetak dan elektronik
- Model peraga
- Lingkungan kerja sekitar siswa
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.2 Menyimak
untuk memahami perintah yang diungkapkan atau yang tidak dalam konteks
bekerja
|
· Merumuskan perintah lisan dan tulis
· Mengidentifikasi isi-isi perintah
· Menuliskan kembali isi perintah
dalam bentuk kerangka atau bagan
|
Siswa
mengenal ciri-ciri kalimat perintah
Siswa
berlatih mengidentifikasi jenis-jenis kalimat perintah
Siswa mencatat
isi pokok informasi yang terdapat pada kalimat perintah
Siswa berdiskusi
mengenai penulisan isi perintah dalam bentuk kerangka/bagan
Siswa berdiskusi
mengenai penulisan perintah dalam kalimat yang efektif
|
· Mampu merumuskan perintah lisan dan tulis menggunakan kiat mengenali
perintah
· Mampu menanyakan kepada pemberi perintah perihal kebenaran rencana
kegiatan
· Mampu menuliskan kembali isi perintah dalam bentuk kerangka/bagan
|
Tes Lisan
Tes tulis
Uji Mandiri dan Uji
Kelompok
Uji Keterampilan
Berbahasa sebagai pengayaan
|
4 x 45 menit
(2 pertemuan)
|
- Pustaka
rujukan:
∙ Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK
dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008
halaman 17—28
∙ Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan
Balai Pustaka 2003
∙ Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan
dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan
Yrama Widya Bandung 1991
∙ Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia
terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak
dan elektronik
- Narasumber
- Model peraga
- Lingkungan kerja sekitar siswa
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.3 Memahami perintah kerja tertulis
|
· Memo
· Surat edaran
· Disposisi
· Pengumuman
· Membuat surat perintah kerja dan petunjuk kerja
|
Siswa
membaca dan mengenali ciri-ciri dan format memo
Siswa berlatih
membuat memo dimulai dari yang paling sederhana
Siswa membaca
dan mengenali surat edaran
Siswa berlatih
membuat surat edaran
Siswa membaca
dan mengenali disposisi dan pengumuman
Siswa berlatih
membuat disposisi
Siswa membaca dan
mencermati perintah kerja tertulis
Siswa memahami
perintah kerja tertulis dan ragamnya
Siswa berlatih
menulis perintah kerja tertulis
|
· Mampu menuliskan kembali memo
· Mampu
membuat disposisi
· Mampu
membedakan pengumuman dan
· Mampu membuat catatan perintah kerja tertulis
· Mampu
membuat prosedur/petunjuk kerja
· Mampu memberi tanggapan terhadap
perintah kerja
|
Tes lisan
Tes tulis
Sejumlah soal
Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi
Serangkaian
tugas/perintah kepada siswa untuk membedakan
memo, surat edaran, disposisi, dan pengumuman
Tugas mencari
contoh dan membuat memo, surat edaran, disposisi, dan pengumuman untuk
portopolio
Sejumlah daftar pertanyaan untuk
meningkatkan pemahaman siswa yang menunjukkan konsep-konsep perintah kerja
tertulis
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya
kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
|
8 x 45 menit (4 pertemuan)
|
- Pustaka
rujukan:
∙ Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK
dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008
halaman 30—48
∙ Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan
Balai Pustaka 2003
∙ Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan
dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan
Yrama Widya Bandung 1991
∙ Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia
terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak
dan elektronik
- Contoh-contoh
surat
- Narasumber
- Model peraga
- Lingkungan kerja sekitar siswa
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.4 Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat
dalam konteks bekerja
|
· Mengidentifikasi kata, bentuk kata, dan ungkapan berdasarkan paradigma/
analogi
· Sinonim dan antonim
· Frasa dan kalimat
|
Siswa memahami
proses morfologis pembentukan kata
Siswa memahami
perubahan makna kata
Siswa
menunjukkan contoh-contoh kata serapan dari bahasa lain ke dalam bahasa
Indonesia
Siswa bersama-sama
memahami sinonim dan antonim
Siswa
mengerjakan latihan
Siswa
memahami frasa dan kalimat
|
· Mampu mengidentifikasi kata, bentuk kata, dan ungkapan berdasarkan
paradigma
· Mampu mengidentifikasi frasa dan kalimat
· Mampu
mengungkapkan informasi yang telah dibaca dengan bahasa sendiri
· Mampu menggunakan kata, bentuk
kata, dan ungkapan berdasarkan paradigma dalam kalimat yang berbeda
|
Tes lisan
Tes tulis
Instrumen:
Sejumlah soal
Uji Mandiri untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar
pertanyaan untuk meningkatkan
pemahaman siswa
Serangkaian
tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi kata,bentuk kata, dan
ungkapan
|
6 x 45 menit (3 pertemuan)
|
- Pustaka
rujukan:
∙ Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK
dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008
halaman 49—66
∙ Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan
Balai Pustaka 2003
∙ Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan
dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan
Yrama Widya Bandung 1991
∙ Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia
terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak
dan elektronik
- Website internet
- Narasumber
- Model peraga
- Lingkungan
siswa
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.5 Menggunakan secara
lisan kalimat tanya/pertanyaan dalam konteks bekerja
|
· Kalimat tanya
· Kalimat tanya dalam konteks kalimat
|
Siswa
diperkenalkan kalimat tanya dalam
wacana lisan
Siswa mengenal
situasi pembicaraan lisan menggunakan kalimat tanya
Siswa berlatih
membuat kalimat tanya
Siswa
memeragakan diskusi kecil dalam kelompok
Secara
berkelompok siswa mengamati penggunaan kalimat tanya dalam ragam kalimat
|
· Mampu menggunakan kalimat tanya sesuai dengan tuntutan situasi
· Mampu memahami kalimat tanya dalam konteks kalimat
|
Tes lisan
Tes tulis
Sejumlah soal
Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar
pertanyaan untuk meningkatkan
pemahaman siswa yang berorientasi penggunaan kalimat tanya dalam pembicaraan
Serangkaian
tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan kalimat tanya
dalam ragam lisan
|
4 x 45 menit (2 pertemuan)
|
- Pustaka
rujukan:
∙ Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK
dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008
halaman 67—78
∙ Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan
Balai Pustaka 2003
∙ Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan
dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan
Yrama Widya Bandung 1991
∙ Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia
terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak
dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan
kerja dekat siswa
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.6 Membuat parafrasa lisan dalam konteks bekerja
|
· Teknik membuat parafrasa lisan
· Pembuatan parafrasa lisan
· Menafsirkan parafrasa lisan
|
Siswa
diperdengarkan berbagai tuturan
Siswa berlatih
mencatat isi pokok tuturan
Siswa berlatih
mengungkapkan tuturan dengan bahasa sendiri
Siswa
mendengarkan aneka tuturan untuk menafsirkan maksud tuturan
Siswa berlatih menafsirkan/memberi maksud setiap
tuturan yang ditemui
|
· Mampu mengidentifikasi ciri-ciri parafrasa lisan
· Mampu
membuat parafrasa lisan
· Mampu menafsirkan parafrasa lisan
|
Tes lisan
Sejumlah soal Uji
Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih
memahami materi
Sejumlah daftar
pertanyaan untuk meningkatkan
pemahaman siswa
Serangkaian
tugas/perintah kepada siswa u
Sejumlah soal
untuk menganalisis penggunaan parafrasa lisan dan bahasa
Daftar
pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa
terhadap penyerapan materi ajar
|
4 x 45 menit (2 pertemuan)
|
- Pustaka
rujukan:
∙ Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK
dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008
halaman 79—90
∙ Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan
Balai Pustaka 2003
∙ Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan
dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan
Yrama Widya Bandung 1991
∙ Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia
terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak
dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan
kerja dekat siswa
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.7. Menerapkan
pola gilir dalam berkomunikasi
|
· Pola gilir dalam berkomunikasi
· Pelaksanaan pola gilir dalam berkomunikasi
· Penerapan pola gilir dalam berdiskusi
· Evaluasi pelaksanaan pola gilir dalam berkomunikasi
|
Siswa dikenalkan
aturan main dalam berkomunikasi
Siswa berlatih
menggunakan aturan main/pergantian waktu dalam berkomunikasi
Siswa
mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam berkomunikasi
Siswa memahami
konsep pola gilir dalam wawancara
Siswa
menyimpulkan isi komunikasi yang ditampilkan dengan menyimak rekaman
wawancara
Siswa
memerhatikan contoh-contoh penggunaan bahasa dengan memerhatikan struktur
kalimat dalam berkomunikasi
Siswa
memerhatikan harmonisasi dalam berkomunikasi
Siswa membuat
diskusi untuk memahami pola gilir dalam diskusi
Siswa
mengaplikasikan pergantian waktu bicara dalam berkomunikasi
Siswa menyimak
dan menyimpulkan pelaksanaan pola gilir dalam berkomunikasi pada adegan
pementasan drama
|
· Mampu menggunakan kata, bentuk kata, dan ungkapan yang santun
dalam berkomunikasi
· Mampu menggunakan pola gilir secara efektif
· Mampu menerapkan pola gilir dalam diskusi
|
Tes lisan
Tes tulis
Praktik
Sejumlah soal
Uji dan Uji Kelompok Mandiri untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar
pertanyaan untuk meningkatkan
pemahaman siswa yang berorientasi penggunaan pola gilir dalam berkomunikasi
Serangkaian
tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan pola gilir
dalam berkomunikasi
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya
kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
Menggunakan uji media
|
6 x 45 menit (3 pertemuan)
|
- Pustaka
rujukan:
∙ Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK
dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008
halaman 91—100
∙ Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan
Balai Pustaka 2003
∙ Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan
dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan
Yrama Widya Bandung 1991
∙ Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia
terbitan Balai Pustaka 2003
- Material: VCD dan kaset
- Media cetak
dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan
kerja dekat siswa
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
8.1 Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra bicara
dalam konteks bekerja
|
· Prinsip-prinsip konversasi
· Etika dan norma konversasi
· Penggunaan prinsip-prinsip konversasi
|
Siswa memahami
konsep penggunaan kalimat yang komunikatif dalam konversasi
Siswa berlatih
menganalisis penggunaan kalimat dalam konversasi
Siswa memahami
konsep penggunaan kalimat santun dan kerjasama dalam konversasi
Siswa
menggunakan kalimat yang santun dan kerjasama dalam konversasi
Siswa
menggunakan prinsip-prinsip konversasi
Siswa
berkelompok mengerjakan latihan untuk memahami
prinsip-prinsip konversasi
|
· Mampu mengenali unsur-unsur konversasi
· Mampu menerapkan prinsip-prinsip konversasi
· Mampu mengidentifikasi kalimat-kalimat konversasi
· Mampu menggunakan konversasi dan prinsip-prinsipnya
|
Tes lisan
Tes tulis
Instrumen:
Sejumlah soal Uji mandiri dan Uji Kelompok
Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang
berorientasi konversasi
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya
kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
|
4 x 45 menit
(2 pertemuan)
|
- Pustaka
rujukan:
∙ Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK
dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008
halaman 101—108
∙ Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan
Balai Pustaka 2003
∙ Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan
dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan
Yrama Widya Bandung 1991
∙ Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia
terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak
dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja
dekat siswa
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.9 Berdiskusi yang bermakna dalam konteks bekerja
|
· Bentuk-bentuk diskusi
· Persiapan diskusi
· Unsure-unsur
diskusi
· Etika
diskusi
· Membuat notulen diskusi
|
Siswa dikenalkan
bentuk-bentuk diskusi dan tujuan diskusi
Siswa dikenalkan
persiapan dan aturan main dalam berdiskusi
Siswa
mengerjakan latihan
Siswa
memerhatikan penggunaan aturan main
diskusi
Siswa
mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam berdiskusi
Siswa
memerhatikan contoh-contoh penggunaan bahasa dengan memerhatikan struktur
kalimat dalam berdiskusi
Siswa berlatih
menggunakan aturan main diskusi
Siswa memahami
isi diskusi
Siswa berlatih
membuat simpulan diskusi dalam notulen
|
· Mampu memahami kegiatan berkomunikasi dalam diskusi
· Mampu mengetahui bentuk-bentuk diskusi dan tujuan diskusi
· Mampu mempersiapkan diskusi
· Mampu menggunakan aturan main diskusi secara efektif
· Mampu menyimpulkan hasil diskusi dengan kalimat efektif
· Mampu membuat notulen diskusi dengan tepat
|
Tes lisan
Tes tulis
Bentuk Intrumen:
Uji Mandiri dan
Uji Kelompok sebagai latihan
Sejumlah daftar
pertanyaan untuk meningkatkan
pemahaman siswa yang berorientasi penggunaan aturan main dalam berdiskusi
Serangkaian
perintah untuk mengidentifikasi penggunaan bahasa dalam berdiskusi
Sejumlah soal untuk menganalisis pergantian waktu bicara dalam berdiskusi
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya
kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
|
6 x 45 menit (3 pertemuan)
|
- Pustaka
rujukan:
∙ Bahasa Indonesia Tataran Madia
untuk SMK dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan
Erlangga 2008 halaman 109—120
∙ Pedoman Umum Ejaan yang
Disempurnakan dan Pedoman Umum
Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
∙ Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia
terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak
dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja
dekat siswa
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.10 Bernegosiasi yang
bermakna dalam konteks bekerja
|
·
Bernegosiasi dalam
promosi
·
Taktik bernegosiasi
·
Pencatatan keputusan
negosiasi
|
Siswa memahami
konsep negosiasi dalam promosi
Siswa memahami
taktik bernegosisasi yaitu dalam penggunaan kalimat yang komunikatif dalam
bernegosiasi
Siswa berlatih
menganalisis penggunaan kalimat dalam bernegosiasi dengan mengerjakan latihan
Siswa
mempraktikkan bernegosiasi
Siswa
memerhatikan evaluasi dari fasilitator mengenai penyimpulan hasil negosiasi
Siswa memahami
pencatatan keputusan negosiasi
Siswa
mengerjakan latihan
|
· Mampu mengenali unsur-unsur bernegosiasi
· Mampu mencatat hasil negosiasi
|
Tes lisan
Tes tulis
Instrumen:
Uji Mandiri dan Uji Kelompok
Sejumlah daftar
pertanyaan untuk meningkatkan
pemahaman siswa yang berorientasi pelaksanaan negosiasi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk
meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi penggunaan
kalimat dalam bernegosiasi
Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap
penyerapan
|
4 x 45 menit
(2 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa Indonesia Tataran Madia
untuk SMK dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan
Erlangga 2008 halaman 121—132
∙ Pedoman Umum Ejaan yang
Disempurnakan dan Pedoman Umum
Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
∙ Kamus Besar Bahasa Indonesia
terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak
dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja siswa
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.11 Menyampaikan laporan
atau presentasi lisan dalam konteks bekerja
|
·
Cara penyampaian
laporan
·
Bentuk-bentuk laporan
lisan
·
Jenis-jenis laporan
lisan
·
Evaluasi penyampaian
laporan sederhana
|
Siswa dikenalkan
cara penyampaian laporan lisan, hal-hal yang dilaporkan dan bentuk-bentuk
laporan
Siswa
memerhatikanjenis-jenis laporan lisan
Siswa berlatih
menyusun laporan lisan sederhana dengan mengerjakan latihan
Siswa berlatih
secara kelompok
Siswa
memerhatikan contoh-contoh laporan sederhana
Siswa
memerhatikan penyampaian laporan sederhana
Siswa
mengerjakan latihan untuk membuat laporan sederhana
|
· Mampu mengidentifikasi ciri-ciri laporan lisan
· Mampu memahami informasi dalam laporan sederhana
|
Tes tulis
Tes lisan
Bentuk Instrumen:
Sejumlah soal Uji
Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih
memahami materi
Sejumlah daftar
pertanyaan untuk meningkatkan
pemahaman siswa mengenai laporan lisan
Sejumlah soal
untuk menganalisis penyampaian laporan lisan
Daftar
pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa
terhadap penyerapan materi ajar
|
4 x 45 menit
(2 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa Indonesia Tataran Madia
untuk SMK dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan
Erlangga 2008 halaman 133—142
∙ Pedoman Umum Ejaan yang
Disempurnakan dan Pedoman Umum
Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
∙ Kamus Besar Bahasa Indonesia
terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak
dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja siswa
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.12 Menulis wacana yang bercorak naratif, deskriptif,
ekspositoris, dan argumentatif
|
·
Narasi
·
Deskripsi
·
Eksposisi
·
Argumentasi
·
Pola susunan kerangka karangan
·
Mengembangkan karangan
·
Menyusun kerangka
makalah
|
Siswa memahami
ciri-ciri dan konsep wacana narasi,
deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
Siswa memahami
penggunaan bahasa pada wacana narasi deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
Siswa memerhatikan
contoh-contoh wacana narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
Siswa memahami
perbedaan wacana narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
Siswa mengerjakan
latihan untuk mencari teks atau wacana yang bercirikan narasi, deskripsi,
eksposisi, dan argumentasi
Siswa memerhatikan
proses penulisan karangan
Siswa mengerjakan
latihan
Siswa mengomentari
karangan yang dibuat temannya
Siswa memahami pola
susunan kerangka karangan, kemudian mengembangkannya
Siswa memahami
penyusunan kerangka makalah
Siswa
mengerjakan latihan individu dan
secara berkelompok
|
· Mampu mengidentifikasi wacana narasi dan deskripsi
· Mampu mengidentifikasi wacana eksposisi dan argumentasi
· Mampu menulis contoh-contoh narasi dan deskripsi
· Mampu menulis contoh-contoh eksposisi dan argumentasi
· Mampu mengetahui pola susunan kerangka karangan dan mengembangkannya
|
Tes tulis
Instrumen
Uji Mandiri dan
Uji Kelompok
Sejumlah daftar
pertanyaan untuk meningkatkan
pemahaman siswa yang berorientasi format wacana narasi, deskripsi, eksposisi,
dan argumentasi
Pengamatan
(contoh-contoh hasil pekerjaaan siswa)
Daftar
pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa
terhadap penyerapan materi ajar
|
6 x 45 menit
(3 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK dan MAK Kelas XI karya
Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 143—156
∙ Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung
1991
∙ Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan
Balai Pustaka 2003
- Media cetak
dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan
kerja dekat siswa
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.13 Meringkas teks
tertulis dalam konteks bekerja
|
· Pengenalan ringkasan
· Tujuan pembuatan ringkasan
· Langkah-langkah membuat ringkasan
· Membuat ringkasan yang tepat
|
Siswa mengenal
teknik pembuatan ringkasan
Siswa berlatih
mencermati bahasa ringkasan
Siswa memahami
langkah-langkah membuat ringkasan
Siswa
memerhatikan contoh-contoh penggunaan bahasa dalam ringkasan
Siswa
memerhatikan cara meringkas yang efektif
Siswa berlatih
meringkas dengan langkah-langkah pembuatan ringkasan dengan mengerjakan latihan
Siswa berlatih
membuat ringkasan yang tepat
Siswa
mengaplikasikan teknik membuat ringkasan dengan wacana sederhana
Siswa
mengerjakan latihan mandiri dan kelompok untuk memahami materi
|
· Mampu mengidentifikasi ciri-ciri ringkasan
· Mampu menyampaikan kembali hasil meringkas dengan bahasa yang efektif
· Mampu membuat ringkasan sederhana
|
Tes tulis
Bentuk Instrumen:
Sejumlah soal Uji
Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih
memahami materi
Sejumlah daftar
pertanyaan untuk meningkatkan
pemahaman siswa mengenai langkah-langkah meringkas
Sejumlah soal
untuk menganalisis penyampaian laporan lisan
Daftar
pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa
terhadap penyerapan materi ajar
|
6 x 45 menit
(3 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa Indonesia Tataran Madia
untuk SMK dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan
Erlangga 2008 halaman 157—168
∙ Pedoman Umum Ejaan yang
Disempurnakan dan Pedoman Umum
Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
∙ Kamus Besar Bahasa Indonesia
terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak
dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan
kerja dekat siswa
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.14 Menyimpulkan teks
tertulis dalam konteks bekerja
|
· Pengenalan simpulan
· Teknik simpulan deduktif dan induktif
· Berlatih membuat simpulan
|
Siswa memahami
teknik pembuatan simpulan, teknik induktif dan deduktif
Siswa berlatih
menganalisis penggunaan kalimat dalam simpulan
Siswa berlatih
membuat simpulan sederhana dengan mengerjakan latihan
Siswa berlatih
membuat simpulan dengan cepat
Siswa berlatih
membuat simpulan dengan bahasa yang efektif
|
· Mampu mengidentifikasi teknik membuat simpulan
· Mampu menggunakan teknik deduktif dan induktif dalam membuat simpulan
|
Tes tulis
Bentuk Instrumen:
Sejumlah soal Uji
Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih
memahami materi
Sejumlah daftar
pertanyaan untuk meningkatkan
pemahaman siswa mengenai laporan lisan
Sejumlah soal
untuk menganalisis penyampaian laporan lisan
Daftar
pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa
terhadap penyerapan materi ajar
|
4 x 45 menit
(2 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK dan MAK Kelas XI karya
Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 169—177
∙ Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung
1991
∙ Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan
Balai Pustaka 2003
- Media cetak
dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan
kerja dekat siswa
|
Mengetahui, Palembang, Juli 2011
Kepala SMK Negeri 1
Palembang
Zulkarnain. M.Pd Elyana, S.Pd
NIP. 196306061984031001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar