Fish

Senin, 12 Desember 2011

RPP B. Ind. XI.4. 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                :  SMK NEGERI 1 PALEMBANG
Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester               :  XI (dua belas)/  4 (empat)
Program                         :  Semua program keahlian
Aspek Pembelajaran       :  Membaca, berbicara
Standar Kompetensi        :  Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia
Kompetensi Dasar          :  2.8 Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra bicara dalam  konteks bekerja
Indikator                         :
·      Mampu mengenali unsur-unsur konversasi
·      Mampu menerapkan prinsip-prinsip konversasi
·      Mampu mengidentifikasi kalimat-kalimat konversasi
·      Mampu menggunakan konversasi dan prinsip-prinsipnya
Alokasi Waktu               : 4 x 45 menit (2 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·      Memahami etika dan norma konversasi
·      Mengamati proses mengungkapkan pendapat
·      Menggunakan konversasi dan prinsip-prinsipnya dalam percakapan

B. Materi Pokok Pembelajaran
·      Prinsip-prinsip konversasi
·      Etika dan norma konversasi
·      Penggunaan prinsip-prinsip konversasi

C. Metode Pembelajaran
·      Diskusi kelompok
·      Inquari
·      Tanya jawab
·      Penugasan
·      Demonstrasi/pemeragaan model




D. Kegiatan Pembelajaran
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menanyakan kepada siswa mengenai kebiasaan bercakap-cakap dengan mitra bicara
Siswa diajak mencermati penggunaan bahasa dalam konversasi
Siswa diajak menganalisis penggunaan kaidah dalam konversasi
INTI
Pertemuan ke-1 (90’)
Siswa memahami konsep penggunaan kalimat yang komunikatif dalam konversasi
Siswa berlatih menganalisis penggunaan kalimat dalam konversasi
Siswa mengerjakan latihan uji mandiri hal 104 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga)
Pertemuan ke-2 (90’)
Siswa memahami konsep penggunaan kalimat santun dan kerjasama dalam konversasi
Siswa menggunakan kalimat yang santun dan kerjasama dalam konversasi
Siswa menggunakan prinsip-prinsip konversasi
Siswa berkelompok mengerjakan latihan uji kelompok hal 106 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga) untuk memahami prinsip-prinsip konversasi
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)
Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa hal 106 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga) untuk memahami prinsip-prinsip konversasi untuk mempelajari ulang materi yang telah disajikan

E. Sumber Belajar
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 101—108
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan siswa

F. Penilaian
TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio
v
Pengukuran Sikap
v
Penilaian Diri
INSTRUMEN/SOAL


Sejumlah soal Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi penggunaan kalimat santun dalam konversasi
Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan kalimat santun dalam konversasi
Sejumlah soal untuk menganalisis penggunaan norma dalam konversasi
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik penilaian tugas konversasi (terlampir di bawah)




RUBRIK PENILAIAN KONVERSASI

NAMA                                       :
KELAS/NO. ABS                       :
TANGGAL PENILAIAN              :
KOMPETENSI DASAR              :  Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra bicara dalam konteks bekerja
ASPEK
RINCIAN
NILAI
KURANG

CUKUP

BAIK

AMAT BAIK
D  (3)
C (5)
B (7)
A (9)

ISI
Selaras dengan tema




Mengandung pesan  aKtual
Utuh dan tuntas

PENGGUNAAN BAHASA
Orisinal dan kreatif




Mencerminkan perbendaharaan kata  yang kaya




Menggunakan kata lugas dan proporsional





PRINSIP KESANTUNAN
Formalitas




Ketidaktegasan
Persamaan/Kesekawanan
PRINSIP KERJASAMA
Kesinambungan




Kenyamanan
Komunikatif
KOMENTAR
Kekurangan




Kelebihan

JUMLAH SKOR







Palembang, 18 Juli 2011                                            Mengetahui,               
Guru Mata Pelajaran                                                               Kepala Sekolah


Sri  Elyana, S.Pd                                                          Zulkarnain, M.Pd
NIP. 197010202007012007                                          NIP.196306061984031001





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                :  SMK NEGERI 1 PALEMBANG
Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester               :  XI (dua belas) / 4 (empat)
Program                         :  Semua program keahlian
Aspek Pembelajaran       :  Berbicara, menulis
Standar Kompetensi        :  Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia
Kompetensi Dasar          :  2.9 Berdiskusi yang bermakna dalam konteks bekerja
Indikator                         :
·      Mampu memahami kegiatan berkomunikasi dalam diskusi
·      Mampu mengetahui bentuk-bentuk diskusi dan tujuan diskusi
·      Mampu mempersiapkan diskusi
·      Mampu menggunakan aturan main diskusi secara efektif
·      Mampu menyimpulkan hasil diskusi dengan kalimat efektif
·      Mampu membuat notulen diskusi dengan tepat
Alokasi Waktu               : 6 x 45 menit (3 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·      Memahami tata cara berdiskusi
·      Mengemukakan pendapat dalam kegiatan berdiskusi
·      Menjalankan kegiatan diskusi dengan baik dan tepat
·      Membuat notulen dalam diskusi

B. Materi Pokok Pembelajaran
·      Bentuk-bentuk diskusi
·      Persiapan diskusi
·      Unsure-unsur diskusi
·      Etika diskusi
·      Membuat notulen diskusi

C. Metode Pembelajaran
·      Presentasi
·      Diskusi kelompok
·      Inquari
·      Tanya jawab
·      Penugasan
·      Demonstrasi/pemeragaan model

D. Kegiatan Pembelajaran
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menanyakan kepada siswa mengenai tatacara berdiskusi
Siswa diajak mencermati penggunaan bahasa dalam berdiskusi
Siswa mengnalisis pergantian bicara dalam diskusi
INTI
Pertemuan ke-1 (90’)
Siswa dikenalkan bentuk-bentuk diskusi dan tujuan diskusi
Siswa dikenalkan persiapan dan aturan main dalam berdiskusi
Siswa mengerjakan latihan Uji Mandiri hal 116 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga)
Pertemuan ke-2 (90’)
Siswa memerhatikan penggunaan  aturan main diskusi
Siswa mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam berdiskusi Siswa memerhatikan contoh-contoh penggunaan bahasa dengan memerhatikan struktur kalimat dalam berdiskusi
Siswa berlatih menggunakan aturan main diskusi dalam Uji Kelompok hal 116 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga)
Pertemuan ke-3 (90’)
Siswa memahami isi diskusi
Siswa berlatih membuat simpulan diskusi dalam notulen  pada Uji Mandiri hal 118 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga)
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa hal 118 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga) untuk mempelajari ulang materi yang telah disajikan
E. Sumber Belajar
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 109—120
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan siswa
F. Penilaian



TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio
v
Pengukuran Sikap
v
Penilaian Diri

INSTRUMEN/SOAL


Sejumlah soal Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi penggunaan aturan main  dalam berdiskusi
Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan bahasa dalam berdiskusi
Sejumlah soal untuk menganalisis pergantian waktu bicara  dalam berdiskusi
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik penilaian tugas mempresentasikan praktik berdiskusi (terlampir di bawah)


RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI/PENYAJIAN DISKUSI

NAMA                                       :
KELAS/NO. ABS                       :
TANGGAL PENILAIAN              :
KOMPETENSI DASAR              :  Berdiskusi yang bermakna dalam konteks bekerja

 ASPEK
RINCIAN
NILAI
KURANG

CUKUP

BAIK

AMAT BAIK
D  (3)
C (5)
B (7)
A (9)
ISI
Selaras dengan tema




Mengandung pesan aktual
Utuh dan tuntas
PENGGUNAAN BAHASA
Orisinal dan kreatif




Mencerminkan wawasan sesuai tema




Mencerminkan penggunaan ragam baku 




ETIKA DISKUSI

Ketua diskusi




Skretaris diskusi
Peserta
STRUKTUR
PENYAJIAN
Terpola secara teratur




Unsur lengkap memenuhi pembukaan, isi, penutup
Penyampaian runtut
KOMENTAR
Selaras




Tidak selaras

JUMLAH SKOR







Palembang, 18 Juli 2011                                             Mengetahui,              
Guru Mata Pelajaran                                                               Kepala Sekolah


Sri  Elyana, S.Pd                                                        Zulkarnain, M.Pd
NIP. 197010202007012007                                        NIP.196306061984031001





                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                : SMK NEGERI 1 PALEMBANG
Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester               : XI (dua belas)/ 4 (empat)
Program                         : Semua program keahlian
Aspek Pembelajaran       : Berbicara, menulis
Standar Kompetensi        : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia
Kompetensi Dasar          : 2.10 Bernegosiasi yang bermakna dalam konteks bekerja
Indikator                         :
·      Mampu mengenali unsur-unsur bernegosiasi
·      Mampu mencatat hasil negosiasi
Alokasi Waktu               : 4 x 45 menit (2 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·      Mengetahui fungsi dan manfaat bernegosiasi
·      Memahami tata cara menyampaikan pendapat
·      Mengemukakan pendapat dalam pembahasan kegiatan
·      Membuat catatan dari keputusan negosiasi

B. Materi Pokok Pembelajaran
·      Bernegosiasi dalam promosi
·      Taktik bernegosiasi
·      Pencatatan keputusan negosiasi

C. Metode Pembelajaran
·      Presentasi
·      Diskusi kelompok
·      Inquari
·      Tanya jawab
·      Penugasan
·      Demonstrasi/pemeragaan model





D. Kegiatan Pembelajaran

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menanyakan kepada siswa mengenai pengalaman negosiasi
Siswa diajak mencermati penggunaan bahasa dalam bernegosiasi
Siswa diajak menganalisis penggunaan bahasa dalam bernegosiasi
INTI
Pertemuan ke-1 (90’)
Siswa memahami konsep negosiasi dalam promosi
Siswa memahami taktik bernegosisasi yaitu dalam penggunaan kalimat yang komunikatif dalam bernegosiasi
Siswa berlatih menganalisis penggunaan kalimat dalam bernegosiasi dengan mengerjakan latihan uji mandiri hal 128 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga)
Siswa mempraktikkan bernegosiasi dalam uji kelompok hal 128 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga)
Pertemuan ke-2 (90’)
Siswa memerhatikan evaluasi dari fasilitator mengenai penyimpulan hasil negosiasi
Siswa memahami pencatatan keputusan negosiasi
Siswa mengerjakan latihan Uji Mandiri hal 129 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga)
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)
Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa hal 131 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga) untuk mempelajari ulang materi yang telah disajikan

E. Sumber Belajar
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 121—132
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja siswa

F. Penilaian
TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio
V
Pengukuran Sikap
V
Penilaian Diri
INSTRUMEN/SOAL


Sejumlah soal Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi penggunaan kalimat dalam bernegosiasi
Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan kalimat dalam bernegosiasi
Sejumlah soal untuk menganalisis pelaksanaan negosiasi
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik penilaian tugas presentasi (terlampir di bawah)






RUBRIK PENILAIAN NEGOSIASI

NAMA                                       :
KELAS/NO. ABS                       :
TANGGAL PENILAIAN              :
KOMPETENSI DASAR              :  Bernegosiasi yang bermakna dalam konteks bekerja

ASPEK
RINCIAN
NILAI
KURANG

CUKUP

BAIK

AMAT BAIK
D  (3)
C (5)
B (7)
A (9)
ISI
Selaras dengan tema




Mengandung pesan aktual
Utuh dan tuntas
PENGGUNAAN BAHASA
Mencerminkan perbendaharaan kata  yang kaya




Sesuai konteks dan proporsional




Kesantunan




NEGOSIASI
Menyampaikan pendapat




Menyanggah gagasan
Meyakinkan pendapat
KOMENTAR
kekurangan




kelebihan

JUMLAH SKOR







Palembang, 18 Juli 2011                                             Mengetahui,              
Guru Mata Pelajaran                                                               Kepala Sekolah


Sri  Elyana, S.Pd                                                        Zulkarnain, M.Pd
NIP. 197010202007012007                                        NIP.196306061984031001




RENCANA PELAKSANAAPEMBELAJARAN  

Nama Sekolah                : SMK NEGERI 1 PALEMBANG
Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester               : XI (dua belas)/ 4 (empat)
Program                         : Semua program keahlian
Aspek Pembelajaran       : Berbicara, membaca                                                                   
Standar Kompetensi        : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia
Kompetensi Dasar          : 2.11 Menyampaikan laporan atau presentasi lisan dalam konteks bekerja
Indikator                         :
·      Mampu mengidentifikasi ciri-ciri laporan lisan
·      Mampu memahami informasi dalam laporan sederhana
Alokasi Waktu               : 4 x 45 menit (2 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·      Memahami laporan lisan
·      Mengungkapkan laporan secara lisan
·      Membuat laporan sederhana berkaitan dengan bahari

B. Materi Pokok Pembelajaran:
·      Cara penyampaian laporan
·      Bentuk-bentuk laporan lisan
·      Jenis-jenis laporan lisan
·      Evaluasi penyampaian laporan sederhana

C. Metode Pembelajaran
·      Presentasi
·      Diskusi kelompok
·      Inquari
·      Tanya jawab
·      Penugasan
·      Demonstrasi/pemeragaan model





D. Kegiatan Pembelajaran

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menanyakan kepada siswa mengenai pemahaman terhadap laporan lisan
Siswa diajak mencermati penggunaan bahasa dalam penyampaian laporan lisan
INTI
Pertemuan ke-1 (90’)
Siswa dikenalkan cara penyampaian laporan lisan, hal-hal yang dilaporkan dan bentuk-bentuk laporan
Siswa memerhatikanjenis-jenis laporan lisan
Siswa berlatih menyusun laporan lisan sederhana dengan mengerjakan latihan uji mandiri hal 137 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga)
Siswa berlatih secara kelompok pada Uji Kelompok hal 137 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga) untuk mempresentasikan laporan secara lisan
Pertemuan ke-2 (90’)
Siswa memerhatikan contoh-contoh laporan sederhana
Siswa memerhatikan penyampaian laporan sederhana
Siswa mengerjakan latihan Uji Mandiri hal 139 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga) untuk membuat laporan sederhana
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)
Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa hal 141 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga) untuk mempelajari ulang materi yang telah diasjikan


E.Sumber Belajar
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 133—142
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja siswa

F. Penilaian



TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio
v
Pengukuran Sikap
v
Penilaian Diri

INSTRUMEN/SOAL


Sejumlah soal Uji Mandiri untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi penggunaan laporan lisan
Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan laporan lisan
Sejumlah soal untuk menganalisis penyampaian laporan lisan
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik penilaian tugas mempresentasikan informasi dalam penyampaian laporan lisan (terlampir di bawah)





RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI/PENYAJIAN INFORMASI

NAMA                                       :
KELAS/NO. ABS                       :
TANGGAL PENILAIAN              :
KOMPETENSI DASAR              :  Penyampaian laporan lisan

ASPEK
RINCIAN
NILAI
KURANG

CUKUP

BAIK

AMAT BAIK
D  (3)
C (5)
B (7)
A (9)
ISI
Selaras dengan tema




Mengandung pesan aktual
Utuh dan tuntas
PENGGUNAAN BAHASA
Orisinal dan kreatif




sesuai konteks dan proporsional




Mencerminkan penggunaan ragam baku 




PENYAMPAIAN LAPORAN
Pola penyampaian laporan




Hal-hal yang dilaporkan
Proses penyajian
STRUKTUR
PENYAJIAN
LAPORAN
Terpola secara teratur




Unsur lengkap memenuhi pembukaan, isi, penutup
Penyampaian runtut
KOMENTAR
Kelebihan




Kekurangan

JUMLAH SKOR







Palembang, 18 Juli 2011                                             Mengetahui,              
Guru Mata Pelajaran                                                               Kepala Sekolah


Sri  Elyana, S.Pd                                                         Zulkarnain, M.Pd
NIP. 197010202007012007                                         NIP.19630606198403100     

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                : SMK NEGERI 1 PALEMBANG
Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester               : XI (dua belas)/ 4 (empat)
Program                         : Semua program keahlian
Aspek Pembelajaran       : Membaca, menulis
Standar Kompetensi        : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia
Kompetensi Dasar          : 2.12 Menulis wacana yang bercorak naratif, deskriptif, ekspositoris, dan argumentatif
Indikator                         :
·      Mampu mengidentifikasi wacana narasi dan deskripsi
·      Mampu mengidentifikasi wacana eksposisi dan argumentasi
·      Mampu menulis contoh-contoh narasi dan deskripsi
·      Mampu menulis contoh-contoh eksposisi dan argumentasi
·      Mampu mengetahui pola susunan kerangka karangan dan mengembangkannya
Alokasi Waktu               : 6 x 45 menit (3 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·      Memahami ciri-ciri wacana berkaitan dengan kedokteran
·      Memahami teknik penyusunan kerangka karangan
·      Menuliskan kembali kerangka karangan berkaitan dengan kedokteran
B. Materi Pokok Pembelajaran:
·      Narasi
·      Deskripsi
·      Eksposisi
·      Argumentasi
·      Pola susunan kerangka karangan
·      Mengembangkan karangan
·      Menyusun kerangka makalah
C. Metode Pembelajaran
·      Presentasi
·      Diskusi kelompok
·      Inquari
·      Tanya jawab
·      Penugasan
·      Demonstrasi/pemeragaan model

D. Kegiatan Pembelajaran
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menanyakan kepada siswa mengenai ciri-ciri wacana narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
Siswa diajak mencermati penggunaan bahasa dalam wacana narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
INTI
Pertemuan ke-1 (90’)
Siswa memahami ciri-ciri dan konsep wacana narasi,  deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
Siswa memahami penggunaan bahasa pada wacana narasi deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
Siswa memerhatikan contoh-contoh wacana narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
Siswa memahami perbedaan wacana narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
Siswa mengerjakan latihan Uji Mandiri hal 148 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga) untuk mencari teks atau wacana yang bercirikan narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
Pertemuan ke-2 (90’)
Siswa memerhatikan proses penulisan karangan
Siswa mengerjakan latihan Uji Mandiri hal 150 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga)
Siswa mengomentari karangan yang dibuat temannya
Pertemuan ke-3 (90’)
Siswa memahami pola susunan kerangka karangan, kemudian mengembangkannya.
Siswa memahami penyusunan kerangka makalah
Siswa mengerjakan latihan Uji Mandiri hal 154 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga) dan secara berkelompok mengerjakan Uji kelompok hal 154 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga)
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa hal 154 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga) untuk mempelajari ulang materi yang telah disajikan




E. Sumber Belajar
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 143—156
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat siswa
F. Penilaian

TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio
v
Pengukuran Sikap
v
Penilaian Diri
INSTRUMEN/SOAL


Sejumlah soal Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi penggunaan kalimat dalam penulisan wacana
Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan kalimat dalam penulisan wacana
Sejumlah soal untuk mengevaluasi penulisan wacana
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik penilaian tugas presentasi (terlampir di bawah)



RUBRIK PENILAIAN MAKALAH  
NAMA                                       :
KELAS/NO. ABS                       :
TANGGAL PENILAIAN              :
KOMPETENSI DASAR              :  Menulis wacana yang bercorak naratif, deskriptif, ekspositoris, dan argumentatif
ASPEK
RINCIAN
NILAI
KURANG

CUKUP

BAIK

AMAT BAIK
D  (3)
C (5)
B (7)
A (9)

ISI
Selaras dengan tema




Mengandung pesan aktual
Sesuai dengan  jenisnya
Utuh dan tuntas

PENGGUNAAN BAHASA
Orisinal dan kreatif




Mencerminkan wawasan Kedokteran




Keterkaitan tugas dengan isi






DIKSI DAN GAYA BAHASA
Mencerminkan penggunaan ragam baku 




Bervariatif dan  sesuai konteks
Menggunakan kata lugas dan proporsional
Bergaya bahasa secara variatif
STRUKTUR
PENYAJIAN
Terpola secara teratur




Unsur lengkap memenuhi pembukaan, isi, penutup
Penyampaian runtut
KOMENTAR
Selaras




Tidak selaras

JUMLAH SKOR







Palembang, 18 Juli 2011                                                        Mengetahui,               
Guru Mata Pelajaran                                                                          Kepala Sekolah


Sri  Elyana, S.Pd                                                                     Zulkarnain, M.Pd
NIP. 197010202007012007                                                     NIP.196306061984031001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                                           
Nama Sekolah                : SMK NEGERI 1 PALEMBANG
Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester               : XI (dua belas)/ 4 (empat)
Program                         : Semua program keahlian
Aspek Pembelajaran       : Membaca, menulis
Standar Kompetensi        : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia
Kompetensi Dasar          : 2.13 Meringkas teks tertulis dalam konteks bekerja
Indikator                         :
·      Mampu mengidentifikasi ciri-ciri ringkasan
·      Mampu menyampaikan kembali hasil meringkas dengan bahasa yang efektif
·      Mampu membuat ringkasan sederhana
Alokasi Waktu               : 6 x 45 menit (3 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·      Memahami teknik menulis ringkasan yang berkaitan dengan properti
·      Menuliskan kembali isi sebuah teks dalam bentuk bagan dan ringkasan utuh

B. Materi Pokok Pembelajaran
·      Pengenalan ringkasan
·      Tujuan pembuatan ringkasan
·      Langkah-langkah membuat ringkasan
·      Membuat ringkasan yang tepat

C. Metode Pembelajaran
·      Diskusi kelompok
·      Inquari
·      Tanya jawab
·      Penugasan
·      Demonstrasi/pemeragaan model

D. Kegiatan Pembelajaran
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menanyakan kepada siswa mengenai ciri-ciri ringkasan
Siswa diajak mencermati penggunaan bahasa dalam ringkasan
Siswa mengnalisis format-format ringkasan
INTI






Pertemuan ke-1 (90’)
Siswa mengenal teknik pembuatan ringkasan
Siswa berlatih mencermati bahasa ringkasan
Siswa memahami langkah-langkah membuat ringkasan
Pertemuan ke-2 (90’)
Siswa memerhatikan contoh-contoh penggunaan bahasa dalam ringkasan
Siswa memerhatikan cara meringkas yang efektif
Siswa berlatih meringkas dengan langkah-langkah pembuatan ringkasan dengan mengerjakan latihan Uji Mandiri hal 162 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga)
Pertemuan ke-3 (90’)
Siswa berlatih membuat ringkasan yang tepat
Siswa mengaplikasikan teknik membuat ringkasan dengan wacana sederhana
Siswa mengerjakan latihan Uji Mandiri hal 165 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga)
Siswa berkelompok mengerjakan Uji Kelompok hal 166 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga) untuk memahami materi
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)
Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa hal 166 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga) untuk mempelajari ulang materi yang telah disajikan






E. Sumber Belajar
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 157—168
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat siswa
F. Penilaian



TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio
v
Pengukuran Sikap
v
Penilaian Diri

INSTRUMEN/SOAL


Sejumlah soal Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi pada langkah-langkah meringkas
Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan bahasa ringkasan
Sejumlah soal untuk menganalisis penggunaan bahasa ringkasan dari wacana sederhana
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik penilaian tugas mempresentasikan informasi lisan (terlampir di bawah)

RUBRIK PENILAIAN PENYAJIAN RINGKASAN

NAMA                                       :
KELAS/NO. ABS                       :
TANGGAL PENILAIAN              :
KOMPETENSI DASAR              :  Meringkas teks tertulis dalam konteks bekerja

ASPEK
RINCIAN
NILAI
KURANG

CUKUP

BAIK

AMAT BAIK
D  (3)
C (5)
B (7)
A (9)
KONSEP RINGKASAN
Kronologis teks asli




Pengubahan bentuk teks
Kebahasaan
Bergaya bahasa secara variatif
STRUKTUR
PENYAJIAN
Terpola secara teratur




Kesesuaian dengan teks asli
Selaras dengan teks
KOMENTAR
Kekurangan




Kelebihan

JUMLAH SKOR







Palembang, 18 Juli 2011                                                         Mengetahui,              
Guru Mata Pelajaran                                                                           Kepala Sekolah


Sri  Elyana, S.Pd                                                                     Zulkarnain, M.Pd
NIP. 197010202007012007                                                     NIP.196306061984031001

 

 






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                :  SMK NEGERI 1 PALEMBANG
Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester               :  XI (dua belas) /4 (empat)
Program                         :  Semua program keahlian
Aspek Pembelajaran       :  Membaca, menulis
Standar Kompetensi        :  Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia
Kompetensi Dasar          :  2.14 Menyimpulkan teks tertulis dalam konteks bekerja
Indikator                         :
·      Mampu mengidentifikasi teknik membuat simpulan
·      Mampu menggunakan teknik deduktif dan induktif dalam membuat simpulan

Alokasi Waktu               : 4 x 45 menit (2 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·      Memahami teknik menyimpulkan data secara tertulis berkaitan dengan agroindustri
·      Menerapkan teknik deduktif dan induktif dalam menyimpulkan berkaitan dengan agroindustri

B. Materi Pokok Pembelajaran
·      Pengenalan simpulan
·      Teknik simpulan deduktif dan induktif
·      Berlatih membuat simpulan

C. Metode Pembelajaran
·      Inquari
·      Tanya jawab
·      Penugasan
·      Demonstrasi/pemeragaan model








D. Kegiatan Pembelajaran
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menanyakan kepada siswa mengenai proses pembuatan simpulan
Siswa diajak mencermati penggunaan bahasa dalam simpulan
Siswa diajak menafsirkan bahasa simpulan
INTI
Pertemuan ke-1 (90’)
Siswa memahami teknik pembuatan simpulan, teknik induktif dan deduktif
Siswa berlatih menganalisis penggunaan kalimat dalam simpulan
Siswa berlatih membuat simpulan sederhana dengan mengerjakan Uji Mandiri hal 172 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga)
Pertemuan ke-2 (90’)
Siswa berlatih membuat simpulan dengan cepat
Siswa berlatih membuat simpulan dengan bahasa yang efektif
Siswa mengerjakan latihan Uji Mandiri hal 174 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga)
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)
Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa hal 175 (buku Bahasa Indonesia Tataran Madia, Erlangga)
untuk mempelajari ulang materi yang telah disajikan

E. Sumber Belajar
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK dan MAK Kelas XI karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 169—177
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat siswa

F. Penilaian



TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio
v
Pengukuran Sikap
v
Penilaian Diri

INSTRUMEN/SOAL


Sejumlah soal Uji Mandiri untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi pembuatan simpulan
Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi pembuatan simpulan
Sejumlah soal untuk menganalisis pembuatan simpulan
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik penilaian tugas presentasi (terlampir di bawah)



RUBRIK PENILAIAN PENYAJIAN SIMPULAN

NAMA                                       :
KELAS/ NO. ABS                      :
TANGGAL PENILAIAN              :
KOMPETENSI DASAR              :  Menyimpulkan teks tertulis dalam konteks bekerja

ASPEK
RINCIAN
NILAI
KURANG

CUKUP

BAIK

AMAT BAIK
D  (3)
C (5)
B (7)
A (9)

ISI
Selaras dengan teks




Sesuai dengan  jenisnya (deduktif/induktif)




Utuh dan tuntas




Selaras dengan teks





JUMLAH SKOR







Palembang, 18 Juli 2011                                                        Mengetahui,               
Guru Mata Pelajaran                                                               Kepala Sekolah


Sri  Elyana, S.Pd                                                                    Zulkarnain, M.Pd
NIP. 197010202007012007                                                    NIP.196306061984031001




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar