Nama Sekolah :
SMK Negeri 1 Palembang
Mata Pelajaran : Menerapkan Praktik-Praktik
Kesehatan dan Keselamatan Di Tempat
Kerja
Kelas / Semester : X ( Sepuluh ) / 1
Standar Kompetensi : Manajemen Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan
Kerja
Kompetensi
Dasar : A. Konsepsi Manajemen K3
B. Unsur-unsur
Manajemen K3
C. Fungsi-fungsi Manajemen K3
Indikator : - Mengikuti aturan kerja sesuai lingkungan kerja
- Dapat menerapkan konsepsi manajemen K3
- Dapat mengenal lebih rinci unsur-unsur dan
funsi-fungsi K3
Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit
( 3 x pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran tentang manajemen K3 siswa diharapkan dapat :
Ø Menyebutkan pengertian manajemen K3
Ø Memahami prinsip-prinsip K3
Ø Menyebutkan unsur-unsur manajemen
K3
B. Materi
Pembelajaran
Ø
Konsepsi Manajemen K3
Ø
Unsur-unsur Manajemen K3
Ø
Fungsi-fungsi Manajemen K3
C. Metode
Pembelajaran
Ø Tanya Jawab Penguasaan
Ø Diskusi
Ø Ceramah
Ø Memberikan umpan balik berupa pertanyaan
Ø Rangkuman.
D. Langkah
- Langkah Kegiatan
Pertemuan ke – 1
a.
Kegiatan Pendahuluan
Ø Introduksi : Memeriksa kehadiran siswa dan kerapian siswa
Ø Motivasi :
Mengajukan pertanyaan
Ø Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.
Kegiatan Inti
Ø Siswa mengenal konsepsi manajamen K3
Ø Siswa mengetahui tujuan proses pencapaian manajemen K3
Ø Siswa memberikan pengarahan tentang pentingnya manajemen K3.
c.
Kegiatan Penutup
Ø Guru dan siswa merangkum materi pelajaran
Ø Guru memberi tindak lanjut berupa latihan.
Pertemuan Ke-2
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Introduksi : Memeriksa kehadiran
siswa, kebersihan dan kerapian siswa
Ø Motivasi :
Dengan mengajukan pertanyaan sebagai umpan balik
Ø Apersepsi : Pengetahuan tanpa syarat.
b. Kegiatan
Inti
Ø Siswa mendefinisikan unsur-unsur manajemen K3
Ø Siswa memberikan contoh unsur-unsur manajemen K3
c. Kegiatan Penutup
Ø Guru memberikan kesempatan
siswa untuk bertanya.
Ø Guru dan siswa merangkum materi pelajaran.
Pertemuan ke-3
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Introduksi : Mengabsen serta memeriksa
kehadiran siswa
Ø Motivasi : Memberikan umpan balik berupa pertanyaan
Ø Apersepsi : Pengetahuan prasyarat.
b. Kegiatan Inti
Ø
Siswa mendefinisikan fungsi-fungsi manajemen K3
Ø
Siswa latihan upaya memudahkan
pelaksanaan rencana program K3
Ø
Siswa Tanya jawab tentang cara
berpikir kreatif dalam setap kondisi.
c. Kegiatan Penutup
Ø Guru dan siswa merangkum materi pelajaran
Ø
Guru memberi tindak lanjut
berupa latihan atau pekerjaan rumah.
E. Sumber
Belajar
Ø Kurikulum standar
Ø Nara Sumber (Guru).
Ø Buku paket dan studi pustaka
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
Ø Penilaian hasil kerja
Ø Penilaian tugas atau pekerjaan rumah.
2. Bentuk Instrumen
Ø Tes Tertulis
Ø Observasi dengan instrument dengan bentuk portopolio
Ø Penilaian proses.
3. Contoh
Instrument
a. Soal – Soal Tes
1. Sebutkan pengertian manajemen !
2. Sebutkan batasan manaemen K3 !
3. Jelaskan tujuan tugas utama top manajemen dari segi
fungsional ?
4. Apa yang anda ketahui tentang unsur-unsur manajemen K3?
5. Apa yang anda ketahui tentang kendali rugi organisasi
melalui pengelolaan
resiko?
b.
Pedoman Penskoran
NO
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Manajemen adalah suatu proses pencapaian tujuan secara efisien dan
efektif. Manajemen juga merupakan kemampuan atau keterampilan untuk
memperoleh hasil dalam ranka pencapaian.
a. Bagian manajemen secara umum dan khusus
b. Pencapaian prinsip dan teknik manajemen dalam usaha mendukung kaberhasilan
pencapaian tujuan keselamatan, kesehatan kerja pada umumnya dan sasaran K3
sbg tujuan utama.
Tugas utama top manajemen :
a. Menentukan tuuan menyeluruh yan hendak dicapai
b. Menentukan kebijaksanaan umum yan mengikat seluruh organisasi
Unsur-unsur manajemen K3 adalah :
a. Manusia
b. Material
c. Mesin-mesin
d. Bahan-bahan
e. Peralatan
f. Dana dan metode
Pengelolaan Resiko antara lain adalah sbb :
a. Pengeliminasian resiko
b. Pengurangan resiko
c. Pemindahan resiko
|
10
20
20
30
20
|
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Drs. Nursal, M.M Sri Elyana,
S.Pd
NIP
196206161987031003 NIP 197010202007012007
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Palembang
Mata Pelajaran : Menerapkan Praktik-Praktik Kesehatan dan
Keselamatan
Di Tempat Kerja
Kelas / Semester : X ( Sepuluh )
/ 1
Standar Kompetensi : PROSEDUR KERJA
Kompetensi
Dasar : A. Pengertian Prosedur dan Manfaat Kerja
B. Asas-asas
Penyusunan Tata Kerja, Prosedur Kerja dan Sistem Kerja
Indikator : - Memahami
pengertiaan tata, prosedur dan sistem kerja
- Memahami
manfaat prosedur kerja
- Menyebutkan asas-asas penyusunan tata kerja,
prosedur kerja
- Menyebutkan prinsip-prinsip dan teknik
penyusunan rencana kerja
- Memahami
bagan-bagan dalam pekerjaan prosedur kerja
Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit
( 3 x pertemuan )
A.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa diharapkan dapat
:
Ø Memahami pengertiaan tata, prosedur dan sistem kerja
Ø
Memahami manfaat prosedur kerja
Ø Menyebutkan asas-asas penyusunan tata, prosedur kerja
Ø Menyebutkan prinsip-prinsip dan teknik penyusunan rencana kerja
Ø Memahami bagan-bagan dalam pekerjaan prosedur
B.
Materi Pembelajaran
Ø Pengertian Prosedur dan Manfaat Kerja
Ø Asas-asas Penyusunan Tata Kerja, Prosedur Kerja dan Sistem Kerja
C. Metode
Pembelajaran
Ø Tanya Jawab Penguasaan
Ø Diskusi
Ø Ceramah
Ø Memberikan umpan balik berupa pertanyaan
Ø Rangkuman.
D. Langkah - Langkah
Kegiatan
Pertemuan ke – 1
a.
Kegiatan Pendahuluan
Ø Introduksi : Memeriksa kehadiran siswa dan kerapian siswa
Ø Motivasi :
Mengajukan pertanyaan
Ø Apersepsi :
Apakah anda ketahui tentang usaha ?
b.
Kegiatan Inti
Ø Siswa menefinisikan pengertian prosedur dan manfaat kerja.
Ø Siswa latihan untuk memberikan opini .
c. Kegiatan Penutup
Ø Guru dan siswa merangkum materi pelajaran
Ø Guru memberi tindak lanjut berupa latihan.
Pertemuan Ke-2
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Introduksi : Memeriksa kehadiran
siswa, kebersihan dan kerapian siswa
Ø Motivasi :
Dengan mengajukan pertanyaan
Ø Apersepsi : Pengetahuan tanpa syarat.
b. Kegiatan Inti
Ø Siswa membuat asas penyusunan tata kerja, prosedur kerja dan system
kerja
Ø Siswa membuat contoh penyusunan
tata kerja dan system kerja
c. Kegiatan Penutup
Ø Guru memberi pelatihan siswa
Ø Guru dan siswa merangkum materi pelajaran.
Pertemuan ke-3
a.
Kegiatan Pendahuluan
Ø Introduksi : Mengabsen
serta memeriksa kehadiran siswa
Ø Motivasi : Memberikan umpan balik berupa Pertanyaan
Ø Apersepsi : Pengetahuan prasyarat.
b.
Kegiatan Inti
Ø Siswa mengenal bentuk-bentuk symbol dalam prosedur
Ø Siswa mengenal tentang bagan-bagan dalam pekerjaan prosedur
c.
Kegiatan Penutup
Ø
Guru dan siswa merangkum
materi pelajaran
Ø
Guru memberi tindak lanjut
berupa latihan atau pekerjaan rumah.
E. Sumber Belajar
Ø Kurikulum standar
Ø Nara Sumber (Guru).
Ø Buku paket dan studi pustaka
F. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
Ø Penilaian hasil kerja
Ø Penilaian tugas atau pekerjaan rumah.
2. Bentuk Instrumen
Ø Tes Tertulis
Ø Observasi dengan instrument dengan bentuk portopolio
Ø Penilaian proses.
3. Contoh Instrument
a. Soal – Soal Tes
1. Jelaskan pengertian prosedur
kerja !
2. Sebutkan beberapa manfaat tata
kerja, system kerja dan prosedur kerja?
3. Apakah yang dimaksud analisis
prosedur kerja ?
4. Apa yang anda ketahui tentang asas
perubahan susunan tmpat kerja?
5. Sebutkan macam-macam perubahan
terhadap proses kerja!
b. Pedoman Penskoran
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
2.
3.
4.
5.
|
Prosedur kerja
adalah tata kerja merupakan cara pelaksanaan kera yang seefisien mungkin atas
sesuatu tuigas dengan mengingat segi-segi tujuan
Manfaat tata
kerja,prosedur kera dan system kerja
Tata kerja, system kerja dan prosedur kerja artinya
sebagai suatu pola kerja yang merupakan penjabaran tujuan, sasaran dan
program kerja, fungsi-fungsi dan kebijaksanaan ke dalam kegiatan-kegiatan
pelaksanaan nyata.
Segenap rankaian
aktivitas menelaah yan menyempurnakan pedoman kerja, tata kerja dan rankaian
kerja
Apabila
diperlukan susunan tempat kerja dapat diubah dengan mudah tata ruang terpaksa
diubah karena
a. perubahan
proses kera
b. penemuan
teknologi baru
c. Bertambahnya
alat kerja atau pegawai baru
d. mengurangi
atau menghilangkan rasa jenuh
Perubahan
terhadap proses tata kerja :
a. struktur organisasi
b. teknologi
c. setting fisik
d. orang dan mengacu pada perubahan sikap
|
20
20
20
20
20
|
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran,
Kepala
Sekolah,
Drs. Nursal, M.M Sri
Elyana, S.Pd
NIP 196206161987031003 NIP 197010202007012007
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Palembang
Mata Pelajaran : Menerapkan Praktik-Praktik
Kesehatan dan Keselamatan di Tempat
Kerja
Kelas / Semester : X ( Sepuluh
) / 1
Standar Kompetensi : Prosedur Kerja Pada Organisasi Perusahaan dan
Industri
Kompetensi
Dasar : A.
Struktur Organisasi
B. Prosedur Kerja Pada Oranisasi Perusahaan atau Industri
C. Bagian Manufaktur
Indikator
: 1. Mengenal struktur organisasi
2. Memahami prosedur kerja
pada organisasi perusahaan
3. Mengenal produk manufaktur
Alokasi Waktu : 4
X 45 Menit ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
Ø Memahami pengertian struktur organisasi
Ø Menyebutkan urutan proses kerja atau lankah-langkah aktivitas yang
terdapat pada suatu perusahaan
B. Materi
Pembelajaran
Ø Struktur Organisasi
Ø Prosedur Kerja Pada Organisasi Perusahaan atau Industri
Ø Bagian Manufaktur
C. Metode
Pembelajaran
Ø Tanya jawab
Ø Diskusi
Ø Penugasan.
D. Langkah - Langkah
Kegiatan
Pertemuan ke – 1
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Introduksi : Memeriksa
kehadiran, kebersihan dan kerapian siswa
Ø Motivasi : Mengajukan pertanyaan
Ø Apersepsi : Apa yang anda ketahui tentang organisasi ?
b. Kegiatan Inti
Ø Siswa mendefinisikan struktur organisasi
Ø Siswa memberikan beberapa contoh
struktur organisasi staff, lini dan fungsional.
c. Kegiatan Penutup
Ø Guru dan siswa merangkum materi pelajaran
Ø Guru memberi tindak lanjut berupa pekerjaan rumah.
Pertemuan ke-2
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Introduksi : Mengabsen
serta memeriksa kehadiran siswa
Ø Motivasi : Memberikan umpan balik
berupa Pertanyaan
Ø
Apersepsi : Pengetahuan prasyarat.
b. Kegiatan Inti
Ø
Siswa praktik tata cara kearsipan dan dokumentasi
Ø
Siswa mengenal bagian daftar
gaji dan manufaktur
c. Kegiatan
Penutup
Ø Guru dan siswa merangkum materi pembelajaran
Ø Guru memberikan pelatihan tata cara pengarsipan surat .
E. Sumber Belajar
Ø Kurikulum standar
Ø Nara Sumber (Guru)
Ø Buku Paket dan Stui Pustaka
.
F. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
Ø Penilaian hasil kerja dan praktik
Ø Penilaian tugas atau pekerjaan rumah.
2. Bentuk Instrumen
Ø Tes Tertulis
Ø Observasi dengan instrument dengan bentuk portopolio
Ø Penilaian proses.
3. Contoh
Instrument
a. Soal – Soal Tes
1.
Jelaskan pengertian struktur organisasi !
2.
Sebutkan urutan proses kerja pada
bagian produksi!
3.
Apa yan anda ketahui tentang prosedur
korespondensi?
4.
Jelaskan langkah-langkah
prosedur surat
keluar?
5.
Jelaskan tugas bagian
manufaktur
b. Pedoman Penskoran
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Struktur organisasi
adalah kerangka yang terdiri dari
sauna satuan unit organisasi beserta pejabat dengan tugas, wewenang serta
hubungannya satu sama lain, masing-masing mempunyai peranan dalam kesatuan
yang utuh.
Urutan kerja
pada bagian produksi adalah sebagai berikut :
1. Membuat daftar kerja yan teriri dari :
a. berapa banyak barang yan ahrus
dihasilkan karyawan setiap harinya.
b. berapa lama waktu
penyalesaian yang ditetapkan
c. nomor lokasi kerja
d. keteranan rincian
pekerjaan (job description)
2. Pegawai yang bersankutan menerima kartu kerja, disertai catatan waktu
mulai dan selesainya
setiap pekeraan yang telah
dilaksanakan. Pengecekan
waktu masuk dan waktu
pulang kerja dilakukan oleh mandor di bagian itu
kemudian dikirim ke
bagian daftar gaji.
Prosedur korespondensi adalah prosedur yang berkaitan dengan
system pengurusan
Langkah-langkah prosedur
-Adanya disposisi dari pimpinan instansi kepada bagian tertentu
-
-Konsep jawaban isampaikan kepada pimpinan instansi
-Setelah disetujui oleh pimpinan instansi, kemudian jawabannya
diketik dengan menggunakan misalnya semi block style, suatu metode lay
out pengetikan yang dipakai oleh
instansi tersebut.
-Setelah ditandatangani oleh pimpinan instansi iserahkan kepada
misalnya bagian tata usaha untuk dikirim kepada alamat yang di tuju melalui
petugas ekspedisi.
Bagian manufaktur :
a. Menghitung jumlah jam kerja berdasarkan kartu kerja
b. Menghitung upah yang harus dibayar
c. Kartu kerja dikumpulkan untuk anka waktu satu minggu
d. Pembayaran upah kepada karyawan-karyawan pada akhir minggu
e. Mengadakan verifikasi/ pengecekan/ pemeriksaan terhadap pembayaran
yang telah dilakukan
f. Mengirim kartu kerja beserta upah yang telah dibayarkan kepada
bagian
biaya
operasional
g. Menyimpan kartu jam kerja, daftar gaji dan data pembayaran gaji
|
10
30
10
30
20
|
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran,
Kepala
Sekolah,
Drs. Nursal, M.M Sri Elyana,
S.Pd
NIP
196206161987031003 NIP 197010202007012007
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Palembang
Mata Pelajaran : Menerapkan Praktik-Praktik Kesehatan dan Keselamatan
di Tempat
Kerja
Kelas / Semester : X ( Sepuluh )
/ 1
Standar Kompetensi : Prosedur Perkantoran
Kompetensi
Dasar : - Pengertian Prosedur Kantor
- Pentingnya Prosedur Perkantoran
- Prinsip-prinsip Prosedur Perkantoran
-
Prosedur Perkantopran Secara Tertulis
-
Menentukan Prosedur Perkantoran
-
Memperbaiki Prosedur Perkantoran
-
Keuntungan Prosedur Perkantoran
- Bagian-bagian
Pekerjaan
Indikator
: . - Menyebutkan Pengertian Prosedur Kantor
- Memahami Pentingnya Prosedur Perkantoran
-
Menyebutkan Prinsip-prinsip Prosedur Perkantoran
-
Menerapkan Prosedur Perkantopran Secara Tertulis
-
Menentukan Menentukan Prosedur Perkantoran
-
Memperbaiki Prosedur Perkantoran
- Memahami
Keuntungan Prosedur Perkantoran
- Menyebutkan
Bagian-bagian Pekerjaan
Alokasi Waktu : 6
X 45 Menit ( 3 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan :
Ø Menyebutkan Pengertian Prosedur Kantor
Ø Memahami Pentingnya Prosedur Perkantoran
Ø Menyebutkan Prinsip-prinsip Prosedur Perkantoran
Ø Menerapkan Prosedur Perkantopran Secara Tertulis
Ø Menentukan Menentukan Prosedur Perkantoran
Ø Memperbaiki Prosedur Perkantoran
Ø Memahami Keuntungan Prosedur Perkantoran
Ø Menyebutkan Bagian-bagian Pekerjaan
A. Materi
Pembelajaran
Ø Pengertian Prosedur Kantor
Ø Pentingnya Prosedur Perkantoran
Ø Prinsip-prinsip Prosedur Perkantoran
Ø Prosedur Perkantopran Secara Tertulis
Ø Menentukan Prosedur Perkantoran
Ø Memperbaiki Prosedur Perkantoran
Ø Keuntungan Prosedur Perkantoran
Ø Bagian-bagian Pekerjaan
C. Metode
Pembelajaran
Ø Tanya jawab
Ø Diskusi
Ø Penugasan.
D. Langkah - Langkah
Kegiatan
Pertemuan ke – 1
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Introduksi : Memeriksa
kehadiran, kebersihan dan kerapian siswa
Ø Motivasi : Mengajukan pertanyaan
Ø Apersepsi : Apa yang anda ketahui tentang produksi?
b. Kegiatan Inti
Ø Siswa menefinisikan pengertian dan pentingnya prosedur kantor
Ø Siswa mengenal prinsip-prinsip
prosedur kantor
Ø Siswa memberikan contoh prosedur perkantoran secara tertulis
c. Kegiatan Penutup
Ø Guru dan siswa merangkum materi pelajaran
Ø Guru memberi tindak lanjut berupa pekerjaan rumah.
Pertemuan Ke-2
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Introduksi : Memeriksa kehadiran
siswa, kebersihan dan kerapian siswa
Ø Motivasi :
Dengan mengajukan pertanyaan
Ø Apersepsi : Pengetahuan tanpa syarat.
b.
Kegiatan Inti
Ø Siswa menjelaskan tentang Proseur perkantoran
Ø
Siswa menjelaskan tentang kegiatan
prosedur perkantoran.
c.
Kegiatan Penutup
Ø
Guru dan siswa merangkum
materi pelajaran
Ø Guru memberi tindak lanjut berupa latihan atau pekerjaan rumah.
Pertemuan ke-3
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Introduksi : Mengabsen
serta memeriksa kehadiran siswa
Ø Motivasi : Memberikan umpan balik berupa Pertanyaan
Ø
Apersepsi : Pengetahuan prasyarat.
b. Kegiatan
Inti
Ø
Siswa menjelaskan tentang keuntungan prosedur perkantoran
Ø
Siswa menjelaskan secara rinci bagan-bagan perkantoran
c. Kegiatan
Penutup
Ø Guru dan siswa merangkum materi pembelajaran
Ø Guru memberikan pelatihan tata cara memberikan tanggapan.
E. Sumber Belajar
Ø Kurikulum standar
Ø Nara Sumber (Guru).
Ø Buku paket dan studi pusaka
F. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
Ø Penilaian hasil kerja
Ø Penilaian tugas atau pekerjaan rumah.
2. Bentuk Instrumen
Ø Tes Tertulis
Ø Observasi dengan instrument dengan bentuk portopolio
Ø Penilaian proses.
3. Contoh
Instrument
a. Soal – Soal Tes
1. Jelaskan pengertian prosedur
perkantoran !
2. Sebutkan enam komponen pentinnya prosedur
perkantoran !
3. Sebutkan langkah-langkah seorn manajer untuk
menentukan prosedur
perkantoran?
4. Sebutkan macam-macam bagan pekerjaan ?
5. Jelaskan tujuan bagan analisis prosedur !
b. Pedoman Penskoran
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Prosedur
perkantoran adalah serangkaian
pekerjaan tulis menulis yang berhubungan yang dilaksanakan lebih dari satu
orang
Pentingnya prosedur
perkantoran karena :
a. Membuat
pekerjaan kantor menjadi lebih kantor
b. Memberikan
pengawasan lebih baik
c. Mengakibatkan
penghematan biaya tetap dan biaya tambahan
d. Membuat
koordinasi yang lebih baik
e. Membantu
dalam pelatihan pegawai baru
f. Dihubungkan
dengan formulir perkantoran
Langkah-langkah
prosedur perkantoran :
1. Apakah yang
dilakukan oleh kantor, apakah tujuan pokoknya?
2 Siapakah yang mengerjakannya, mencatat
semua pegawai dan
sumbangannya terhadap pekerjaan
3. Metode
apakah yan dipergunakan untuk
melaksanakan tiap pekerjaan
4. Seberapa
baiknya pekerjjaan yan dilakukan.
Macam-macam
bagan adalah :
1. Bagan
analisis prosedur
2. Bagan arus
prosedur
3. Bagan distribusi
pekerjaan
4. Bagan studi
produksi
5. Diagram
gerakan
6. Bagan operasi
Tujuan bagan
analisis prosedur adalah untuk membuat ikhtisar tentang
pelaksanaan-pelaksanaan pekerjaan yang berlainan menganalisis macam pekerjaan,
memberikan urutan-urutan waktu yang diunakan masing-masing pelaksanaan
pekerjaan serta tempat-tempat yan dilalui dokumen-dokumen. Bagan analisis
proseur merupakan bagan terpenting yang dipergunakan dalam analisis
system dan menggunakan symbol-simbol
studi pekerjaan untuk menunjukkan bermacam-macam pekeraan yan berlainan.
|
10
30
3
30
30
|
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran,
Kepala
Sekolah,
Drs. Nursal, M.M Sri Elyana,
S.Pd
NIP
196206161987031003 NIP 197010202007012007
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Palembang
Mata Pelajaran : Menerapkan Praktik-Praktik Kesehatan dan
Keselamatan di
Tempat Kerja
Kelas / Semester : X ( Sepuluh )
/ 1
Standar Kompetensi : Metode Kerja
Kompetensi
Dasar : 1. Pengertian Metode Kerja
2. Hubungan Antara Prosedur, Metode dan
Teknik Pelaksanaan
Indikator
: 1. Memahami Pengertian
Metode Kerja
2. Mengetahui rumusan metode kerja
3. Memahami Hubungan Antara Prosedur, Metode dan
Teknik Pelaksanaan
4. Menjelaskan Hubungan antara Prosedur Kerja,
Metode Kerja
dan Teknik Pelaksanaan
Alokasi Waktu : 4
X 45 Menit ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan dapat :
Ø Memahami Pengertian Metode Kerja
Ø Mengetahui rumusan metode
kerja
Ø Memahami Hubungan Antara Prosedur, Metode dan Teknik Pelaksan
Ø Menjelaskan Hubungan antara Prosedur Kerja, Metode Kerja dan Teknik
Pelaksanaan
.
B. Materi
Pembelajaran
Ø Pengertian Metode Kerja
Ø Hubungan Antara Prosedur, Metode dan Teknik Pelaksanaan
C. Metode
Pembelajaran
Ø Tanya jawab
Ø Diskusi
Ø Penugasan
D. Langkah - Langkah
Kegiatan
Pertemuan ke – 1
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Introduksi : Memeriksa
kehadiran, kebersihan dan kerapian siswa
Ø Motivasi : Mengajukan pertanyaan
Ø Apersepsi : Apa yang anda ketahui tentang perizinan usaha?
b. Kegiatan Inti
Ø Siswa menjelaskan definisi pengertian metode kerja
Ø Siswa menjelaskan rumusan metode kerja
c. Kegiatan Penutup
Ø Guru dan siswa merangkum materi pelajaran
Ø Guru memberi tindak lanjut berupa pekerjaan rumah.
Pertemuan Ke-2
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Introduksi : Memeriksa kehadiran
siswa, kebersihan dan kerapian siswa
Ø Motivasi :
Dengan mengajukan pertanyaan
Ø Apersepsi : Pengetahuan tanpa syarat.
b.
Kegiatan Inti
Ø Siswa menjelaskan tentang hubungan
antara prosedur, metode dan teknik pelaksanaan.
Ø Siswa mengenal subbidang
kepegawaian dan perlengkapan.
c.
Kegiatan Penutup
Ø
Guru dan siswa merangkum
materi pelajaran
Ø Guru memberi tindak lanjut berupa latihan atau pekerjaan rumah.
E. Sumber Belajar
Ø Kurikulum standar
Ø Nara Sumber (Guru).
Ø Buku Paket dan Studi Pustaka
F. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
Ø Penilaian hasil kerja
Ø Penilaian tugas atau pekerjaan rumah.
2. Bentuk Instrumen
Ø Tes Tertulis
Ø Observasi dengan instrument dengan bentuk portopolio
Ø Penilaian proses.
3. Contoh
Instrument
a. Soal – Soal
Tes
1. Jelaskan istilah dari metode !
2. Jelaskan
metode yang dapat ditempuh dalam menguraikan jabatan atau Job!
3. Sebutkan macam-macam sumber tenaga kerja pada umumnya !
4.
Apa yang anda ketahui straight line method dan book value ?
5. Sebutkan biaya-biaya yang dikeluarkan pabrik (manufacturing expenses)!
b. Pedoman
Penskoran
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Metode adalah cara pelaksanaan pekeraan dari
suatu tugas yang teriri atas satu atau lebih kegiatan yang bersifat
ketatausahaan
Metode antara
lain :
1. Job Description
(uraian jabatan)
2. Job
Specialication ( perincian pekerjan )
1. Sumber tenaga kerja pada
umumnya adalah sbb :
1 1. Sumber Internal adalah
penarikan tenaa kerja yang
atau memangku
jabatan koson yang diambil perusahaan.
2. Sumber Eksternal
adalah penarikan tenaga kerja yang sumbernya diambil
dari luar
perusahaan.
1 Straight line method
adalah metode pengurangan nilai berdasarkan nilai rupiah yang tetap besarnya.
Book value adalah metode
pengurangan nilai barang berdasarkan
angka persentase tertentu
Biaya – biaya yan
dikeluarkan di pabrik manufacturing expense 1.Biaya pembelian bahan
2.Upah tenaga kerja
yang langsung membuat barang (direct labors)
3. Biaya lainnya
(factory overhead cost)
|
10
30
30
10
20
|
|
|
100
|
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran,
Kepala
Sekolah,
Drs. Nursal, M.M Sri
Elyana, S.Pd
NIP 196206161987031003 NIP 197010202007012007
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Palembang
Mata Pelajaran : Menerapkan Praktik-Praktik Kesehatan dan
Keselamatan di
Tempat Kerja
Kelas / Semester : X ( Sepuluh )
/ 1
Standar Kompetensi : SISTEM KERJA
Kompetensi
Dasar : 1. Pengertian Sistem Kerja
2. Perancangan Sistem Kerja
3. Ekonomis dan Menghemat Gerakan
4. Ruang an Tempat Kerja Yang Cocok
5. Identifikasi Linkungan Kerja
Indikator
: 1. Memahami Pengertian
Sistem Kerja
2. Merancangan Sistem Kerja
3. Menyebutkan lambang Ekonomis dan
Menghemat Gerakan
4. Ruangan Tempat Kerja Yang Cocok
5. Mengidentifikasi Linkungan Kerja
Alokasi Waktu : 6
X 45 Menit ( 3 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa harapkan mampu :
Ø Memahami Pengertian Sistem Kerja
Ø Merancangan Sistem Kerja
Ø Menyebutkan lambang Ekonomis dan Menghemat Gerakan
Ø Ruangan Tempat Kerja Yang Cocok
Ø Mengidentifikasi Linkungan Kerja
B. Materi
Pembelajaran
Ø Pengertian Sistem Kerja
Ø Perancangan Sistem Kerja
Ø Ekonomis dan Menghemat Gerakan
Ø Ruang an Tempat Kerja Yang Cocok
Ø Identifikasi Linkungan Kerja
C. Metode
Pembelajaran
Ø Tanya jawab
Ø Diskusi
Ø Penugasan.
D. Langkah - Langkah
Kegiatan
Pertemuan ke – 1
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Introduksi : Memeriksa
kehadiran, kebersihan dan kerapian siswa
Ø Motivasi : Mengajukan pertanyaan
Ø Apersepsi : Apa yang anda ketahui tentang seni menjual?
b. Kegiatan Inti
Ø Siswa mendefinisikan pengertian
system kerja
c. Kegiatan Penutup
Ø Guru dan siswa merangkum materi pelajaran
Ø Guru memberi tindak lanjut berupa pekerjaan rumah.
Pertemuan Ke-2
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Introduksi : Memeriksa kehadiran
siswa, kebersihan dan kerapian siswa
Ø Motivasi :
Dengan mengajukan pertanyaan
Ø Apersepsi : Pengetahuan prasyarat.
b.
Kegiatan Inti
Ø Siswa mengenal lebih jelas tentang system lambang-lambang therblig
Ø Siswa latihan memberikan contoh cara kerja yang hemat dan ekonomis
gerakan
c.
Kegiatan Penutup
Ø
Guru dan siswa merangkum
materi pelajaran
Ø Guru memberi tindak lanjut berupa latihan.
Pertemuan ke-3
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Introduksi : Mengabsen
serta memeriksa kehadiran siswa
Ø Motivasi : Memberikan umpan balik berupa Pertanyaan
Ø
Apersepsi : Pengetahuan prasyarat.
b. Kegiatan
Inti
Ø Siswa mengenal tentang ruang tempat kerja yang cocok, identifikasi
linkungan kerja
c. Kegiatan
Penutup
Ø Guru dan siswa merangkum materi pembelajaran
Ø Guru memberikan latihan menata ruang kerja aman dan nyaman.
E. Sumber Belajar
Ø Kurikulum standar
Ø Nara Sumber (Guru).
Ø Buku paket dan study pustaka
F. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
Ø Penilaian hasil kerja
Ø Penilaian tugas atau pekerjaan rumah.
2. Bentuk Instrumen
Ø Tes Tertulis
Ø Observasi dengan instrument dengan bentuk portopolio
Ø Penilaian proses.
3. Contoh
Instrument
a. Soal
– Soal Tes
1. Apa yang dimaksud sistem kerja?
2. Sebutkan
ruang lingkup perancangan system kerja !
3.
Sebutkan prinsip ekonomis untuk menghemat gerakan yan dihubungkan dengan
tubuh
manusia ?
4. Jelaskan kaitan prinsip-pinsip ekonomis
dengan menghemat gerakan!
b. Pedoman
Penskoran
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
|
Sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang secara teratur salin
berkaitan sehinga membentuk suatu totalitas dan susunan yan teratut dan
membentuk suatu rangkaian yang utuh
Perancangan system kerja mengutarakan lambing-lambang therblig
diantaranya :
1.Search (mencari)
2.Select (memilih)
3. Grasp( memegang )
4. Reach ( menjangkau )
5. Move (membawa )
6. Hold (memeang untuk memakai )
7. Release (melepas), dst
Prinsip ekonomis menghemat gerakan aalah sbb :
1. Prinsip menghemat gerakan dihubungkan denan tubuh manusia dan
gerakannya.
2. Prinsip penghematangerakan dihubunkan denan pengaturan tata
letak
tempat kerja
3. Prinsip menhemat gerakan dihubunkan engan perencanan Peralatan.
Kaitan prinsip-prinsip ekonomis pada faktor manusia adalah bagaimana
caranya menghemat gerakan dalm pekerjaan. Untuk mencapi produktivitas tinggi. Hal ini karena kemampuan dan
keterbatasan manusia dalam bekerja.
|
20
30
30
20
|
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran,
Kepala
Sekolah,
Drs. Nursal, M.M Sri
Elyana, S.Pd
NIP 196206161987031003 NIP 197010202007012007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar